7 Manfaat Virtual Reality yang Harus Kamu Tahu!

Minggu 19 Desember 2021, 09:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Virtual Reality (VR) merupakan sebuah teknologi yang menjadikan gambaran dunia digital menjadi semirip mungkin dengan dunia nyata. Teknologi ini memiliki sejumlah manfaat.

Untuk merasakan teknologi ini, kamu harus menggunakan kacamata VR. Ketika menggunakan perangkat tersebut, kamu akan merasa seperti berada di dunia lain. Teknologi ini akan membuat kamu masuk ke dalam dunia virtual yang berbeda dengan dunia nyata. 

Berkat manfaatnya, VR mulai diaplikasikan pada beberapa bidang. Apa saja manfaat yang didapat dari VR? Pada artikel ini, kamu akan mengetahui manfaat dari Virtual Reality pada beberapa bidang.

1. Kesehatan

photoVirtual Reality membantu meredakan rasa sakit pada pasien. - (Getty Images)

Manfaat Virtual Reality yang pertama berkaitan dengan kesehatan. Teknologi ini dapat digunakan untuk kebutuhan medis.

Virtual Reality diketahui dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit pada ibu hamil selama proses persalinan. Ibu hamil akan dipasangi Headset VR, kemudian gambar dan suara yang dihasilkan akan mengalihkan perhatian dan pikiran.

Permainan yang menggunakan teknologi VR juga diklaim mampu membuat pasien lupa akan rasa sakit ketika sedang diperban.

Penelitian yang dilakukan Cedars-Sinai Medical Center menyebut jika rasa sakit pada pasien dapat berkurang secara efektif dan efisien dengan bantuan Virtual Reality.

Terdapat sebuah teori bernama Gate Theory of Attention yang menyatakan bahwa simulasi pada VR dapat mengurangi persepsi rasa sakit dan mengalihkan perhatian pada hal lain.

2. Pendidikan

photoBelajar menggunakan Virtual Reality dapat menurunkan rasa jenuh pada siswa. - (Keystone/Georgios Kefalas)

Virtual Reality juga dapat dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar. Di beberapa Negara, sekolah mulai menggunakan teknologi VR, terutama saat masa pandemi.

Berdasarkan penelitian dari sejumlah negara, kehadiran VR mampu meningkatkan daya pemahaman, daya ingat, serta daya analitis siswa. Tidak hanya itu, VR bisa membantu menaikkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Tampilan visual VR yang menarik dapat mengurangi rasa bosan dan meningkatkan semangat belajar. Siswa tentu akan memiliki kebosanan terhadap suasana kelas. Munculnya VR akan memberikan suasana berbeda ketika belajar sehingga siswa akan semangat dalam belajar.

Baca Juga :

3. Militer

photoVirtual Reality digunakan militer untuk simulasi perang. - (Getty Images)

Pada bidang militer, Virtual Reality digunakan untuk melakukan latihan militer berupa simulasi perang. Para tentara akan merasakan pengalaman yang mirip dengan suasana peperangan.

Keuntungan dari simulasi perang menggunakan VR adalah tidaknya potensi tentara yang terluka. Selain itu, simulasi perang menggunakan VR juga dapat memangkas anggaran yang seharusnya digunakan untuk pengadaan senjata serta peralatan lainnya.

Dengan adanya VR, tentara akan mendapatkan pengalaman berperang di medan tempur tanpa harus terluka.

4. Properti

photoVirtual Reality dapat membantu dalam penjualan properti. - (moneycontrol.com)

Manfaat Virtual Reality selanjutnya adalah membantu penjualan properti. Foto Rumah yang memanfaatkan VR dirasa lebih meyakinkan dibandingkan sebuah maket. Dengan begitu, VR dapat mempengaruhi tingkat penjualan properti.

Virtual Properti juga dapat memberikan gambaran lengkap properti terhadap klien atau calon pembeli. Tentunya hal ini dapat membantu penjualan properti yang baru akan dibangun atau sedang dibangun. Calon pembeli bisa merasakan properti tersebut seperti sungguhan.

Manfaat lain dari VR adalah kemudahan kustomisasi rencana properti. Calon pembeli bisa mengatur desain properti semaunya dengan mudah sebelum dibangun.

5. Otomotif

photoVirtual Reality digunakan untuk membanti pelatihan karyawan baru. - (ey.com)

Dunia otomotif tidak luput dari manfaat Virtual Reality. Kehadiran teknologi ini mempermudah produsen otomotif untuk melakukan desain produk. Beberapa perusahaan otomotif dunia menggunakan teknologi ini untuk prototyping mobil terbarunya.

Tidak hanya itu, VR juga bisa digunakan untuk pelatihan karyawan dalam proses assembly dalam produksi mobil atau motor. Dengan begitu, karyawan dapat menghafal komponen dan proses perakitan tanpa takut melakukan kesalahan.

VR membuat perusahaan tidak harus mengadakan mobil dummy untuk dibongkar pasang oleh karyawan. Alhasil, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk bahan pelatihan karyawan.

6. Transportasi

photo(Ilustrasi) Saat ini banyak sekolah penerbangan menggunakan Virtual Reality untuk simulasi penerbangan. - (businessmk.co.uk)

Virtual Reality digunakan oleh beberapa sekolah penerbangan untuk melakukan simulasi penerbangan. Para calon pilot akan merasakan suasana virtual yang mirip dengan penerbangan sungguhan. 

Berkat VR, sekolah penerbangan tidak harus mengeluarkan anggaran untuk melakukan latih terbang. Risiko kecelakaan akibat latih terbang pun dapat dihilangkan oleh kehadiran teknologi ini.

Selain untuk latihan penerbangan, VR juga dapat digunakan untuk membantu seseorang yang belum bisa menggunakan motor dan mobil. Sama seperti latihan penerbangan, VR juga akan menunjukkan pengalaman menggunakan motor dan mobil di dunia virtual. Tentunya simulasi ini akan membantu mempersiapkan diri sebelum praktik sesungguhnya.

7. Hiburan

photoBermain menggunakan Virtual Reality memberikan pengalaman yang menakjubkan. - (Orbus)

Pada awal kemunculannya, VR dianggap oleh banyak orang hanya untuk kegiatan hiburan seperti gaming dan menonton film. 

Virtual Reality dapat memberikan pengalaman yang lebih realistis ketika bermain Game. Kamu bisa bayangkan, ketika bermain game perang kamu akan seperti berada di dalam medan tempur. 

Selain untuk Gaming, VR juga digunakan untuk menonton film dan cuplikan pertandingan olahraga. Di Youtube, tersedia sejumlah video berbasis VR, untuk menikmatinya diperlukan kacamata VR agar pengalaman yang didapat lebih menarik.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat05 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Sakit Lambung, Instan dan Efektif

Sakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya.
Ilustrasi - ASakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life05 Mei 2024, 13:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya! 6 Bahaya Perselingkuhan Orang Tua kepada Anak

Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga
Ilustrasi - Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga. (Sumber : Pexels/Junery Docto).
Sukabumi05 Mei 2024, 13:19 WIB

Pelaku Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Ditangkap, Polisi Sebut Ada Peran Alumni

Tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, polisi sebut ada peran alumni dalam kejadian ini.
Ilustrasi borgol. Polisi tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. |Foto: Pixabay/jhusemannde.
Sehat05 Mei 2024, 13:00 WIB

Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol.
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)
Sukabumi05 Mei 2024, 12:39 WIB

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Belum tersentuh pemerintah, Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Cidadap Sukabumi ini bikin waswas warga.
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)
Sukabumi Memilih05 Mei 2024, 12:30 WIB

Ayep Zaki Gelar Aksi Sosial Bagi-Bagi Tempe dan Jalan Santai Bersama Warga Sukabumi

Kegiatan bagi-bagi tempe ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyapa langsung masyarakat dengan kegiatan bagi-bagi tempe dan jalan santai di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi05 Mei 2024, 11:09 WIB

Duel Maut Satu Lawan Satu, Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Tewas Dibacok Celurit

Berikut kronologi kejadian duel maut satu lawan satu ala gladiator pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. Satu orang tewas dibacok celurit.
Ilustrasi duel satu lawan satu. Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi tewas dibacok celurit. (Sumber : Free)
Sehat05 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Salah Satu Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat hingga Mengatasi Nyeri Gigi.
Ilustrasi. Cengkeh mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Foto: Instagram/@spinus.official