Sempat populer, Adobe Flash Player akan berakhir pada 12 Januari 2021

Senin 04 Januari 2021, 06:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Adobe Flash Player dihentikan secara resmi pada 31 Desember 2020, dan laman pengunduhannya telah hilang sejak 2 Januari 2021. Demi melindungi keamanan sistem komputer para penggunanya, Adobe mewajibkan penggunanya untuk segera menghapus program tersebut sebelum 12 Januari 2021.

Adobe Flash Player diluncurkan pertama kali pada 1 Januari 1996. Flash Player sempat populer dengan memiliki basis pengguna yang besar. Bahkan, Adobe mengklaim pada tahun 2013, lebih dari 400 juta komputer yang terhubung internet memperbaharui program ke versi terbaru enam minggu pasca rilis.

Berkat dukungan teknologi tersebut, konten teks dapat diubah menjadi multimedia yang menarik seperti game dan animasi yang dapat disematkan pada website.

Tetapi, berangsur-angsur mendapatkan kritikan dari berbagai pihak, salah satunya mendiang pendiri Apple, Steve Jobs. Jobs memaparkan alasan Apple secara rinci tidak mendukung perangkat lunak tersebut ada di seluruh perangkat iOS nya, karena kinerjanya yang buruk seperti menyebabkan baterai boros dan keamanannya yang lemah.

Popularitas dan penggunaan Flash Player kian menurun seiring dengan banyak peramban yang menghentikan dukungan lalu banyak yang beralih pada HTML5. 

Rencana Adobe untuk menghentikan Flash Player sudah diberitahukan sejak Juli 2017 yang dikoordinasikan dengan berbagai peramban seperti Microsoft, Apple, Mozilla, Google, dan Facebook. Meskipun demikian, program tersebut tetap ada di sistem kecuali pengguna mencopot pemasangan. 

Bila masih ada situs website untuk pengunduhan, Adobe memastikan itu tidak resmi dan dapat menjadi sumber virus dan malware.

Versi terakhirnya yaitu 32.0.0.465 hanya berupa ikon statis. Maka dari itu, apabila masih digunakan, segeralah menghapusnya. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life14 April 2024, 20:00 WIB

Menatapmu, 10 Bahasa Tubuh Wanita Pertanda dia Jatuh Cinta Padamu

Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu.
Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi14 April 2024, 19:53 WIB

Baru 4 Bulan, Dermaga Apung Muara Indah Cikaso Sukabumi Sudah Rusak-Terancam Terbawa Arus

Dermaga apung di Pantai Kesik Urug Muara Indah Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, menjadi sorotan warga
Kondisi Dermaga Apung Muara Cikaso Desa Buniasih Kecamatan Tegalbuleud | Foto : Ragil Gilang
Gadget14 April 2024, 19:00 WIB

16 Rekomendasi HP Tecno Edisi April 2024 yang Harganya Mulai dari Rp1 Jutaan

HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya.
Spesifikasi Tecno Phantom V Flip 5G -  HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya. (Sumber : tecnomobile)
Gadget14 April 2024, 18:35 WIB

Terbuka untuk Umum, DPC PDIP Buka Pendaftaran Bacalon Walikota/Wakil Walikota Sukabumi

DPC PDIP Kota Sukabumi membuka pendaftaran untuk menjaring bakal calon walikota dan wakil walikota yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
Pembukaan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Sukabumi untuk Pilkada 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life14 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini untuk Memohon Diampuni Dosa atas Kesalahan yang Telah Diperbuat

Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat.
Ilustrasi. Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat. | Foto: Unplash/Rachid Oucharia
Musik14 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Ingkar dari Tulus Viral di TikTok, “Aku Coba dengan yang Baru”

Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok.
Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok. (Sumber : Instagram/@tulusm).
Sukabumi14 April 2024, 16:31 WIB

Sigap, Puskesmas Ciracap Tangani Dua Laka Di Pantai Cibuaya Sukabumi

UPTD Puskesmas Ciracap Dinkes Kabupaten Sukabumi selama libur Lebaran 1445 H memberikan pelayanan kesehatan, baik melalui petugas yang piket di Puskesmas maupun pelayanan di lokasi wisata Pantai Cibuaya.
Tim medis Puskesmas Ciracap bersama tim pengamanan Pospam Pantai Cibuaya | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi14 April 2024, 16:19 WIB

Mabuk dan Ugal-ugalan, Pengemudi Pick Up Nyaris Tabrak Polisi di Parungkuda Sukabumi

Pengendara mobil bak terbuka (Pick Up) berinisial R (36 tahun) yang membawa penumpang nyaris menabrak anggota polisi di ruas Jalan Raya Nasional Sukabumi-Bogor
Petugas Korps Brimob Polda Jabar, saat mengamankan pengemudi mobil pikap di sekitar Gerbang Tol Parungkuda | Foto : Capture video
Film14 April 2024, 16:00 WIB

Dibintangi Choi Siwon dan Jung In Sun, Simak 5 Fakta Menarik Drama Korea DNA Lover

Drama DNA Lover cocok untuk ditonton oleh para penggemar komedi romantis dan K-drama.
Drama DNA Lover cocok untuk ditonton oleh para penggemar komedi romantis dan K-drama. (Sumber : soompi.com).
Sukabumi14 April 2024, 15:54 WIB

Luna Maya Unggah Foto Situ Gunung Sukabumi di Instagram Story, Diduga Sedang Shooting Film

Model dan artis papan atas Luna Maya diduga sedang berada di Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, hari ini Minggu (14/4/2024)
Artis Luna Maya unggah foto Situ Gunung di Instagram Stroy, Minggu (14/4/2024) | Foto : Ist