TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Diulas Media Asing, Karang Berbentuk Mr P di Geopark Ciletuh Sukabumi Mendunia

Rabu 18 Jan 2023, 09:59 WIB

Karang yang mirip dengan kelamin pria yang berada di dalam kawasan Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi mendunia. Bebatuan unik mirip Mr P yang letaknya di spot Legon Pandan, Pantai Cibiuk Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas tersebut diulas media luar negeri.

 

Media dari Amerika Serikat, New York Post, mengulasnya pada 16 Januari 2023 lalu dengan judul "Penis-shaped rock believed to 'improve performance in bed' attracts visitors" atau jika diterjemahkan artinya kurang lebih "Batu Berbentuk Penis Dipercaya untuk 'Meningkatkan Performa di Atas Ranjang' Menarik Pengunjung'.

 

Selain keunikan bentuknya, New York Post menyoroti adanya mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat terkait Karang ini sehingga menjadi daya tarik wisatawan lokal dan turis mancanegara.

 

Mitos tersebut yakni Karang ini bisa meningkatkan vitalitas pria dewasa yang berkunjung ke sana. Sementara, bagi wanita, jika berdoa di batu tersebut dipercaya akan mendapatkan jodoh pria yang diidam-idamkan.

 

“Batu ini sudah ada sejak lama. Mungkin sudah terbentuk ribuan tahun lalu dan masyarakat setempat menyebutnya sebagai batu penis,” kata Andri Hidayana, anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, dikutip dari New York Post yang berbahasa Inggris, Rabu (18/1/2023).

 

“Ada mitos yang mengelilinginya. Mungkin seminggu atau sebulan sekali, banyak pengunjung di sana melakukan semacam ritual. Konon pria yang berkunjung ke sana akan menjadi 'pria perkasa' di ranjang tidur,” tambah Andri.

 

Untuk menuju ke Karang berbentuk penis ini, wisatawan bisa naik kapal dari pantai terdekat (Palangpang) dan butuh waktu kurang lebih 30 menit untuk bisa mencapai ke lokasi objek wisata yang masuk kawasan Geopark Ciletuh tersebut.

 

Redaktur: Denis Febrian
Video Editor: Safrudin
Vo: Nida

BERITA TERPOPULER
VIDEO LAINNYA
x