TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Melihat Kupu-kupu di Penangkaran Ciletuh Butterfly Garden Bukit Panenjoan Sukabumi

Selasa 29 Nov 2022, 20:13 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah penangkaran kupu-kupu didirikan di Bukit Panenjoan, Kampung Cigaok, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Bangunan penangkaran berukuran 2,5 meter x 2,5 meter ini diberi nama Ciletuh Butterfly Garden (CBG).

"Ini baru dua bulan, masih dalam uji coba penangkaran kupu-kupu," kata Asep Supriatna (45 tahun), pengelola penangkaran kepada sukabumiupdate.com, Selasa (29/11/2022).

Asep mengatakan bangunan penangkaran itu terbuat dari kaca dan di bagian atas menggunakan kain seknet dan atapnya memakai spandeks transparan. Semula, kata Asep, penangkaran ini digunakan kupu-kupu sejodo jenis pastur yang diambil dari taman sekitar Bukit Panenjoan.

"Kupu-kupu pastur tersebut kemudian bertelur, menjadi ulat, lalu menjadi kepompong," ujar dia.

Asep menyebut baru satu jenis kupu-kupu yang ada di penangkaran CBG dengan jumlah awal 50 ekor. Namun kekinian, 20 ekor telah dilepas sehingga tersisa 30 ekor kupu-kupu. Menurut Asep, ruangan penangkaran yang dikelolanya terlalu kecil untuk menampung lebih dari 50 ekor.

"Ada pohon jeruk untuk pakan ulatnya dan ada bunga asoka untuk kupu-kupu. Ini tujuannya sebagai konservasi. Bagi yang mau berkunjung, terutama anak anak sekolah di wilayah Geopark Ciletuh Palabuhanratu, silakan tanpa dipungut biaya," kata Asep.

Diketahui, Ciemas merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang berada di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi atau lengkapnya Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp).

BERITA TERPOPULER
VIDEO LAINNYA
x