TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Viral, Lauk Ngampar! di Pantai Citepus Sukabumi, Warga Panen

Sabtu 29 Okt 2022, 15:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.com-Warga yang tinggal di kawasan pesisir Pantai Citepus Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi kebanjiran rezeki dari ribuan ikan kecil yang terdampar pinggir pantai, Jumat (28/10/2022) malam. Fenomena alam di pantai teluk palabuahnratu ini kemudian direkam warga dan videonya beredar viral di grup WhatsApp warga.

Dalam video yang tersebar, terdengar suara pria yang beberapa kali menyebut “Fenomena lauk ngampar di Citepus” serta terekam warga berduyun - duyun memanen ikan kecil yang terdampar dalam kondisi masih hidup itu dengan tangan lalu menempatkannya ke dalam ember.

Kemunculan ribuan ikan itu dibenarkan Ketua RT setempat Ukan Sunarya. Ia menyebut kejadian dalam video itu terjadi di Pantai Dolphin, Desa Citepus, sekitar Pukul 19.00 WIB. Pada saat itu tingginya gelombang ombak membawa ribuan ikan tersebut ke daratan. 

Betul kejadiannya sekitar habis magrib di pantai Dolphin. Warga rame pada bawa satu ember, ada tamu (pengunjung) juga yang ikutan ngambil itu ikan-ikan kecil, ikan serepet namanya,” ujar Ukan kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (29/10/2022). 

Ukan mengaku, fenomena terdamparnya ikan ke daratan tersebut baru kali ini terjadi. Kebanyakan ikan yang terdampar jenis tembang dan ikan serepet (istilah warga setempat)

“Belum pernah, baru sekarang ini,” tukasnya.

Selain di Pantai Dolphin, masih di malam yang sama, kemunculan ribuan ikan ternyata terjadi juga di pantai ruang terbuka hijau (RTH) Citepus. Tak ayal, fenomena ini pun menjadi rezeki untuk sebagian masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut.

“Tadi jam 9 (malam), memang benar tadi ini, saya itu dapat satu kresek. Itu pas lagi gelombangnya besar sampai ke depan patok pantai (jogging track), terus ikannya berserakan, ujar Ujang.

Ujang mengaku berhasil memanen ikan yang berserakan sekitar 5 kilogram. Menurutnya, kemunculan ikan yang terbawa ombak kemudian terdampar ke pantai itu terjadi sekitar 20 menit.

Tukang parkir, tukang warung-warung di sini sempat berbondong-bondong. Belum tahu penyebabnya, yang jelas itu pas ombak gede ikannya ke pinggir pantai, tandasnya.

Video Editor : Safrudin

Vo : Reza Nurfadillah


BERITA TERPOPULER
VIDEO LAINNYA
x