TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

4 Juta Data Pengguna WhatsApp Indonesia Diduga Bocor, Dijual di Forum Hacker

Pakar mengatakan ada lebih dari 4 juta pengguna WhatsApp di Indonesia yang datanya diduga bocor

Senin 28 Nov 2022, 11:30 WIB

Ilustrasi Data 4 Juta Pengguna WhatsApp Indonesia Diduga Bocor dan Dijual | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - 487 juta nomor ponsel pengguna WhatsApp diduga dijual oleh pemilik akun AllDataSource di sebuah forum komunitas peretas.

Dari 487 juta data tersebut diperkirakan jika sebagiannya merupakan data pengguna WhatsApp Indonesia.

Penawaran tertanggal 16 November 2022 tersebut menjanjikan jika data yang akan dijual tersebut merupakan data terbaru tahun 2022, yang mana data pengguna Indonesia juga turut dijual dengan jumlah 130.331.

Baca Juga: Bjorka Bobol 3,2 Miliar Data PeduliLindungi, Beri Sampel Data Luhut dan Deddy Corbuzier

Seorang pengamat siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengatakan jika data itu belum seberapa.

“Ada lagi leak yang lebih maut,” ujar Alfons melalui pesan singkat, Minggu 27 November 2022, seperti melansir dari Tempo.co.

“Ada kebocoran data kedua yang sedang dijual. Di sana ada data pengguna WhatsApp Indonesia 4 jutaan, 4.010.319,” lanjutnya.Akun AllDataSource melakukan penawaran penjualan data pengguna WhatsApp | Foto: via Tempo.coAkun AllDataSource melakukan penawaran penjualan data pengguna WhatsApp | Foto: via Tempo.co

Alfons memberikan potongan tangkapan layar dari pelaku yang sama. “Terverifikasi, nomor WhatsApp dari semua negara, lebih dari 262 juta (November 2022),” tulis akun tersebut.

Pelaku juga menawarkan contoh data bagi yang berminat dengan menyebutkan nama negara. Menurut Alfons, contoh data yang diberikan cukup valid.

Jika dilihat dari tawaran yang pertama, peringkat teratas kebocoran berasal dari warga Mesir sebanyak 45 juta, Italia 35 juta, Arab Saudi 29 juta, Prancis 20 juta, dan Turki 20 juta.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x